Patung Cristo Della Minerva, Mahakarya Michelangelo

Patung Cristo Della Minerva, Mahakarya Michelangelo

Karya agung, Patung Cristo Della Minerva adalah karya Michelangelo Buonarroti yang dikenal sebagai Kristus Penebus, Kristus Membawa Salib atau Kristus yang Bangkit selesai dikerjakan pada tahun 1521. Salah satu patung terindah di scultura-italiana.com ini berada di dalam gereja Santa Maria Sopra Minerva, lebih tepatnya diposisikan di sebelah kiri altar utama. Patung legendaris ini pada awalnya dibuat oleh bangsawan Romawi, Metello Vari pada bulan Juni 1514.

Namun pihaknya tidak begitu berhasil dalam memahatnya hingga akhirnya Michelangelo ditunjuk untuk mengerjakan sisa yang masih kurang sempurna. Patung Michelangelo ini terbuat dari satu balok marmer putih dengan ukuran 205 cm. Ia mengerjakan proyek patung saat itu secara hati-hati. Tetapi sebelum menyelesaikannya, garis hitam muncul di marmer di wajah Kristus dan oleh karena itu, ia harus memulainya karya yang baru. Sebagaimana karya itu telah banyak dikagumi oleh jutaan orang.
Versi pertama Kristus dari Michelangelo disesuaikan dan bahwa pada saat itu merupakan permintaan dari Santo Sebastien yang juga dilestarikan di Kapel Aldobrandini di Basilika. Versi saat ini tidak sampai dikirim pada tahun 1521. Mengingat penundaan itu, Michelangelo menyelesaikannya ditemani oleh salah seorang muridnya, Pietro Urbano. Patung itu semula mewakili Kristus yang benar-benar telanjang. Sehingga tirai perunggu emas ditambahkan untuk menghiasai sekitar tubuhnya.

Seniman itu ingin mewakili kekuatan penuh Yesus Kristus yang bangkit melalui kehadiran fisik yang kuat. Dia merangkul alat-alat hasratnya (salib, kanula dan spons yang diberi cuka untuk diminum sesaat sebelum kematiannya). Salib bukanlah elemen dekoratif tetapi itulah yang menopang keseluruhan patung. Sebenarnya salib adalah sumber kekuatan mereka yang percaya kepada Tuhan.

Kematian bukanlah akhir dari kehidupan Yesus Kristus dan karya seni ini melambangkan saat kebangkitan di antara orang mati. Dari kematian dan kebangkitan Yesus Kristus dan keselamatan umat manusia telah lahir menurut iman Kristen.

Patung Kristus itu memandang ke samping, karena ia ingin menunjukkan wajahnya, wajah yang mengungkapkan cinta. Bagi orang Dominikan, penjaga harta artistik ini adalah cara yang bagus untuk berkhotbah karena hari ini masih menarik ribuan pengunjung dan menawarkan dirinya dalam semua keindahan dan keagungannya yang mengacu pada keindahan Sang Pencipta langit dan bumi.

Terang sekali patung ini memiliki sejarah yang menarik. Dalam proses pembuatannya, Michelangelo mengerjakan versi pertama patung ini di tokonya di Macello dei Corvi sekitar tahun 1515. Tetapi ia meninggalkannya dalam kondisi kasar ketika tengah menemukan keanehan dan kekurangan saat dikerjakan.

Sedangkan bersi baru patung Cristo Della Minerva telah diperbaruhinya pada tahun 1519 hingga 1520 untuk memenuhi ekspektasi hingga menjadi sempurna. Dengan ini, patung tersebut adalah versi kedua yang ada di Santa Maria sopra Minerva, Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!